Apa-apa saja mitos, fakta, kebohongan dan kebenaran seputar air alkali yang perlu anda ketahui?

 

Catatan:
Berikut ini sebuah artikel dan pengungkapan uneg-uneg yang ditulis berdasarkan opini pribadi oleh seorang pemerhati di dunia kesehatan alternatif dari amerika, tak pernah belajar dan meraih gelar medis maupun nutrisi dalam pendidikan resmi, hanya sekedar orang yang senang belajar saja. Apapun yang anda baca disini hanya hasil penelitian dan opini pribadi dan tidak melambangkan atau merepresentasikan siapapun, jadi harap disaring dengan bijak dan semua yang tertulis ini pada akhirnya akan tergantung anda untuk menilainya.

Saya telah menyaksikan ada begitu banyak mitos dan kebohongan gila seputar air alkali selama bertahun-tahun. Sangatlah sulit untuk menemukan siapa orang yang paling "buruk" diantara yang buruk ketika berhubungan dengan kompetisi gelar yang begitu dalam dan kejam dalam industri pengobatan. Hasil dari semua omong kosong telah mengakibatkan industri air alkali ionisasi yang seharusnya membawa kebaikan positif bagi manusia malah terpinggirkan dalam dunia pengobatan alternatif padahal seharusnya ia berada di garis terdepan karena manfaatnya yang sungguh sangat membantu umat manusia, khususnya dalam terapi penyembuhan penyakit di zaman modern.

Ketika para pemain di dalam industri mesin ionisasi air alkali tampaknya melakukan apapun yang mereka coba untuk menghancurkan kredibilitas industri mereka sendiri, mereka semua setuju ketika tiba pada saatnya membicarakan mengenai manfaat kesehatan dari air alkali. Ini merupakan suatu hal yang bagus... kecuali ketika ia tidak. Saya setuju terhadap beberapa dari sebagian besar pesan yang berasal dari industri air alkali ini, namun terdapat banyak bahan diluar sana yang tampaknya tidak masuk akal bagi saya.


Klaim-klaim seputar air alkali yang saya setujui

Minum air alkali memberikan anda energi lebih. Pesan ini tentu saja benar. Terdapat puluhan hingga ribuan testimoni kisah yang mendukung klaim bahwa minum air alkali ionisasi akan memberikan anda energi yang lebih. Saya percaya dengan bukti kisah ini, namun alangkah lebih baiknya kalau juga didukung oleh ilmu pengetahuan, dan hal ini merupakan kasus ketika air alkali menyediakan energi. Sangatlah buruk ketika indusri air ionisasi tidak memberitahukan kepada anda bagaimana dan kenapa anda memiliki energi lebih ketika anda minum air alkali ini. Jika pemimpin industir mengambil waktu untuk melakukan pekerjaan rumah mereka ketimbang bertekad menjual produk mati-matian, saya percaya industri air alkali akan lebih menikmati penerimaan yang lebih besar lagi. Jawaban singkat mengenai bagaimana air alkali ionisasi memproduksi energi adalah pada prosesnya dalam memproduksi hidrogen bebas atau gas hidrogen dimana hal ini dipecah oleh tubuh kita menjadi hidrogen bebas dengan enzime yang disebut hidrogenase. Hidrogen bebas ini memberikan tenaga bagi mitokondria di dalam 75 triliun sel di dalam tubuh anda yang memproduksi energi dalam wujud ATP selama proses ini yang juga dikenal sebagai Kreb's Cycle.

Properti antioksidan dari air ini menetralisir radikal bebas, dan sayangnya industri mesin air alkali tidak menjelaskan bagiamana dan kenapa hal ini terjadi. Jawaban singkat sekali lagi didasarkan pada fakta bahwa mesin ionisasi air alkali memproduksi hidrogen bebas. Hidrogen bebas yang dibuat melalui ionisasi dari air berikatan pada atom oksigen yang tidak digunakan (atau dikenal juga dengan sebutahn radikal bebas) dan mengubah oksigen bebas yang mengkonsumsi energi dan berpotensi berbahaya menjadi air.

Tubuh kita menggunakan 98% atau lebih dari oksigen yang kita hirup sementara kita sedang dalam keadaan beristirahat. Sisa 2% atau kurang dari oksigen yang tidak digunakan bertindak dalam peran yang sangat berguna dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Sel-sel di dalam tubuh kita dihancurkan dan dibuat oleh dengan siklus tanpa akhir seumur hidup anda. Oksigen bebas bertindak atau berperan aktif sebagai perusak sel-sel tubuh anda. Hal ini kedengarannya buruk, namun ini merupakan langkah yang diperlukan bagi sel agar dapat digantikan dengan sel yang baru. Ketika kita melatih atau berolahraga, jumlah oksigen yang tidak digunakan dapat meningkat hingga pada level lebih tinggi sekitar 20%. Ketika level dari oksigen bebas yang tidak digunakan ini (atau dengan kata lain disebut radikal bebas) jumlahnya lebih besar dari yang bisa diatasi tubuh, maka tubuh akan mengalami lebih banyak "penghancuran" ketimbang "pembangunan". Sehingga hal ini dapat memicu berbagai jenis masalah kesehatan. Air yang kaya hidrogen bebas dapat menetralisir kelebihan oksigen bebas degan jalan yang sangat sederhana yaitu dengan mengubah radikal bebas tersebut menjadi air. Oleh karenanya air alkali dapat bermanfaat dalam bertindak sebagai antioksidan yang sangat kuat.

Mitos yang saya tidak begitu yakin adalah mengenai microclustering

Dalam sebuah pencarian tanpa akhir untuk menyediakan alasan "yang dapat dipercaya" kenapa orang-orang harus membayar harga mahal untuk mesin air alkali dengan ide yang cukup kreatif. Pada tahap awal, hal ini merupakan hal yang mudah bagi perusahaan yang menunjuk mengenai piringan besar, lebih banyak piringan, piringan lebih tebal dan lebih banyak tenaga. Tak ada satupun dari faktor ini yang membuat air minum yang lebih sehat dari air yang sehat, namun dealer mampu meyakinkan konsumen potensial bahwa perbedaannya nyata. Ketika kompetitor mulia memproduksi fitur yang sama atau lebih baik, maka dealer sebelumnya harus menjadi anti ketika dealer mengklaim menjadi lucu dan kotor. Saat ini internet mengizinkan konsumen untuk mematahkan klaim yang tak terbukti, dan tampaknya dealer tersebut mengandalkan pada hal cerita mengenai microcluster. kata dari mesin air alkali yang membuat microcluster ajaib. Seperti biasanya klaim tesebut membuat saya pikir omong kosong dan sayapun mulai mencari subjek mengenai microclustering.

Hal pertama yang saya temukan adalah saya tidak bisa menemukan bukti apapun bahwa microclustering sebenarnya terjadi. Terdapat berbagai jenis referensi dan diagram yang tersedia di internet namaun saya tidak menemukan satupun yang membuat saya yakin. Kedua, tidak akda bukti-bukti bahwa microclustering melalukan hal apapun dan jika adapun maka tidaklah benar-benar eksis. Ketiga, ilmuwan amerika Dr. Peter Agre memenangkan penghargaan nobel pada bidang kimia pada tahun 2004 untuk menunjukkan bahwa air yang masuk ke dalam sel yaitu satu molekul pada satu waktu bersamaan dengan gradient energi melalui aquaporins. Dikarenakan molekul air masuk ke dalam sel yaitu saut molekul h2o dalam satu waktu, maka tak masalah jika cluster air mengandung 8 hingga 16 molekul?

Yang saya tahu pada demonstrasi teh celup tak ada kaitannya dengan molekul air yang masuk ke dalam sel tubuh kita. Ukuran pori dari kantung teh jutaan kali lebih besar dan lebih terbuka dari bukaan aquaporin. Oleh karenanya mendemonstrasikan bahwa anda dapat menggunakan kantung teh berkali-kali pada air alkali tidak membuktikan apapun bagi saya jika anda menanyakan pendapat saya pribadi. Hal ini tentu saja tidak berarti bahwa sel tubuh kita menyerap air alkali lebih baik dari air jenis lainnya, yah paling tidak itu menurut saya pribadi bahwa semua air sama saja dalam menyerap air di dalam tubuh. Bair air biasa maupun air alkali tak ada bedanya jika diminum berkaitan dengan ukuran molekul ini, baik yang mereka istilahkan dengan macro molecul (pada air biasa) ataupun micro molecul (pada air alkali).

Saya juga tahu bahwa elektrolisis adalah elektrolisis yang aritnya produk air alkali tak dapat lebih superior dibandingkan mesin ionisasi air elektrik lain ketika ia berkaitan halnya dengan microclusters. Ketika seseorang membandingkan antara produk yang satu dengan yang lain dair mesin air alkali maka and bisa menilai sendiri. Mesin ionisasi air alkali alami yang memproduksi ionisasi yang stabil dalam jangka panjagn dengan menambahkan kalsium dan magnesium ke dalam air, sementara respon dealer lain bahwa kekurangan mineral dair air adalah dengan jalan menambahkan bleach (ya, benar, bleach) yang hanya akan menjadikan ionisasi jangka pendek yang tidak stabil.


Mitos yang saya tidak setuju

1. jangan minum air alkali satu jam sebelum dan setelah makan: klaim ini berdasarkan fakta bahwa air alkali alami dari air akan menganggu pH dari lambung anda dan mengacaukan proses penyerapan normal. Yang saya pribadi pelajari yaitu bahwa lambung anda tidak membeda-bedakan mengenai makanan dan air ketika ia berkaitan dengan pH. Jadi mengklaim bahwa jangan minum air alkali satu jam sebelum dan setelah makan akan sama kaitannya dengan melarang anda makan apapun yang bersifat alkali seperti salad, buah, kacang-kacangan, biji-bijian ataupun sayuran ketika anda sedang makan, hal ini sama sekali tidak masuk akal. Hal ini menjadi lebih parah dikarenakan saya juga belajar bahwa lambung anda menyerap kalsium dan magnesium yang ada di dalam air jauh lebih efisien ketimbang kalsium dan magnesium dalam makanan. Oops.. oleh karenanya jadilah mitos jangan minum air alkali ketika anda sedang makan menjadi tidak berlaku. Omong-omong saya sendiri telah minum air alkali bersamaan dengan ketika sedang makan dan baik-baik saja, dan hal ini telah saya lakukan selama 5 tahun dan tidak ada masalah sama sekali.

2. Mesin yang memproduksi air dengan level pH yang lebih tinggi dan level orp yang lebih rendah merupakan hal yang superior. Saya bahkan tidak tahu bagaimana memulai klaim yang begiut bodoh ini dan kaitannya dengan sangatlah idiot. Tak ada orang waras yang harus minum air dengan level pH yang tinggi yang dihasilkan dari kebanyakan merk mesin ionisasi air alkali. Semua air dari mesin yang memproduksi level H 8.5 hingga 9.5 sama efektifnya dengan mesin lain yang memproduksi air dengan level pH yang lebih tinggi ketika ia berkenaan dengan air minum. Ketika minum air dengna level pH yang tinggi dikatakan berguna dalam proses pembersihan sementara, maka tak masuk akal rasanya jika minum air dengan level ph yang tinggi selama jangka waktu panjgan merupakan tujuan untuk menjadi sedikit alkali.

3. Jangan berikan anak-anak usia di bawah 5 tahun air alkali. Benarkah? jika anda melihat pada kandungan dari makanan bayi, maka anda akan secara cepat menemukan bahwa mereka memakan banyak makanan yang lebih sehat ketimbang makanan orang dewasa. Makanan bayi penuh dengan kandungan buah dan sayuran. Dikarenakan lambung anda tidak dapat membedakan antara makanan dan cairan ketika ini berkenaan dengan pH, mitos bahwa air alkali dan anak-anak sepertinya tidak masuk akal.

4. Mesin elektrik jauh lebih baik karena anda dapat menyetel pHnya. Pertama-tama, faktor utama pada output dari mesin air minum alkali tersebut terletak pada sumber air bahan bakunya. Jika anda memilih tombol dari mesin ionisasi air elektrik untuk memproduksi pH 8.5, maka outpunya kemungkinan besar adalah 8.5. Jika sumber airnya menyediakan apa yang secara tepat sesuai yang dipikirkan mesin tersebut untuk disediakan. Namun, air bahan bakunya sendiri berubah-ubah tergantung lokasi yang satu dengan lokasi yang lainnya dan ia dapat berubah secara konstan di lokasi yang sama. Sebagai contoh, saya mengambil bagian dalam hari yang intestif dalam mengetes filter minggu ini pada manufaktur pemimpin industri filter di amerika. Ada pengetesan dari sebuah mesin air alkali yang ada di atas meja penelitian yang sedang mengalami pengujian. Dengan penuh rasa ingin tahu dari sifat saya yang serba ingin tahu ini, saya mencoba mengambil pH 9.5 dan ketika saya mengujinya melalui pH meter, nilai bacaanya adalah 8.3. Tak perlu dikatakan bahwa saya kembali melakukan pengujian sekali lagi dan hasilnya tetap sama. Kemudian sayapun mengkalibrasi pH meter dan menemukan hasilnya tetaplah sama. Point saya adalah tidak menghakimi mesin air alkali tersebut karena saya sendiri tidak bisa memastikan apakah pelat dalam mesin air alkali tersebut sudah tertutup lapisan mineral atau ada yang salah dengan mesinnya. Point saya adalah bahwa menekan tombol yang mengatakan bahwa ia akan menghasilkan pH 9.5 tidak berarti bahwa ia pasti akan menghasilkan pH 9.5 terkecuali jika anda menggunakan air bahan baku yang awalnya sudah tepat sesuai spesifikasi pabrik dan mengetes air anda dengan pH tester dan menyesuaikan level power setiap saat anda menggunakan mesin, maka anda akan mendapatkan level output yang berbeda-beda.

Ketika orang mengatakan bahwa pHnya terlalu kuat atau terlalu lemah apa maksudnya? apakah orang berpikir bahwa pH 9.5 terlalu kuat dan pH 8.0 terlalu lemah? saya pikir obsesi terhadap pH keseluruhan dari industri mesin ionisasi air alkali secara masif sangatlah berlebihan. Apa anda memikirkan level pH ketiak anda sedang memakan suatu makanan dan berkata "eh saya ingin makan makanan dengan pH yang lebih tinggi, jadi saya akan makan lebih banyak sayuran hijau dan memasukkan kacang dan biji-bijian" ya mungkin saja anda akan melakukan hal ini, namun anda hanya akan menjadi satu-satunya orang di dunia yang melakukan hal ini. Semakin banyak orang-orang yang semakin peduli terhadap pentingnya memiliki keputusan dalam mengkonsumsi makanan yang sehat, namun berapa banyak orang yang sebenarnya mempelajari mengenai pH dari semua yang mereka makan dan merencanakan pola diet atau pola makan mereka berdasarkan pH tersebut? Bahkan jika anda orang yang benar-benar aneh dan mencoba menilai sesuatu secara detail dari semua akibat atas apa yang anda makan, maka mekanisme hoemostasis yang bertenaga dan efisien yang ada di dalam tubuh anda akan menyeimbangkan semuanya dalam jangka pendek tak peduli atas apapun yang anda lakukan. Proses dari mengubah level pH dari cairan di dalam tubuh anda merupakan proses yang panjang dan lama yang tidak membutuhkan air dengan pH yang sangat tinggi.


Mungkin pesan yang paling pesan diantara semuanya sudah terabaikan

Semakin saya mendalami pemikiran saya, semakin saya menyadari bahwa cerita sebenarnya bukanlah bahwa air minum akan meningkatkan level pH. Saya setuju bahwa kemampuan untuk secara perlahan-lahan meningkatkan pH dalam cairan di dalam tubuh dalam jangka waktu yang panjang dari keadaan acidosis (asam yang berlebihan di dalam tubuh) sangatlah penting. Namun, tubuh memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menjadikan ekuilibrium yang dapat mengizinkan anda tetap hidup. Saya tidak berpikir bahwa minum berton-ton air alkali itu sendiri merupakan suatu jawaban. Jika ini merupakan kasusnya, maka bukankah kita sebaiknya hanya menambahkan sesendok penuh baking soda dalam segelas air saja sebelum tidur di malam hari? (ayah saya yang mempunyai gelar dokter medis di sebuah rumah sakit amerika mengatakan hal ini).

Saya percaya bahwa cerita sebenarnya terdiri atas dua bagian. Seperti yang saya diskusikan pada faktor pertama di bagian awal, dimana pembuatan hidrogen bebas yang digunakan oleh tubuh kita sebagai produksi energi dan menetralisir radikal bebas. Faktor kedua yaitu menyediakan tubuh kita dengan kalsium dan magnesium. Kita mengkonsumsi kalsium dan magnesium dair apa yang kita makan dan minum, namun kebanyakan dari kita tidak cukup menambahkan elemen ini dalam makanan kita sehari-hari. Kalsium menerima publisitas yang besar dikarenakan usaha dari asosiasi produk susu, namun kebanyakan orang tidak menyadari bahwa tubuh anda tidak dapat menyerap dan menggunakan kalsium tanpa kehadiran magnesium. Kalsium secara umum banyak terdapat pada air minum kecuali di area dimana soft water atau air lunak lebih banyak, namun tak banyak area yang memiliki sumber air yang kaya akan magnesium. Hal ini dimana mesin ionisasi air alkali alami tampak lebih substansial lebih berguna dibandingkan mesin ionisasi air elektrik dikarenakan mesin ioniasi air alkali natural menambahkan kalsium dan lebih pentingnya lagi magnesium ke dalam air.

Saya telah membaca studi yang begitu banyak dari website National Institutes of Health “www.pubmed.com” yang mengindikasikan bahwa kita dapat menyerap apapun dalam wujud 6 hingga 30% dari kebutuhan sehari-hari terhadap mineral esensial dari air minum. Industri reverse osmosis RO telah menyangkali fakta bahwa tubuh dapat menyerap senyawa inorganik selama puluhan tahun, namun bukti terhadap kotra ini sangatlah berlebihan. Tubuh sebenarnya menyeram kalsium dan magnesium elemental dari air melalui proses yang disebut chelation. Chelation adalah proses yang terjadi ketika asam amino yang diproduksi dalam pemecahan makanan yang ktia makan membentuk sebuah cicin di sekitar metal dan menjadikannya bisa diserap. Industri RO kalang kabut dalam menemukan cara untuk memineralisasi ulang air mereka sejauh ini.

Saya juga telah membaca mengenai paper yang ditulis oleh World Health Organization (WHO) terhadap bahaya kesehatan dari minum air yang tidak mengandung mineral alias air RO (Reverse Osmosis). Inti dari paper WHO ini adalah bahwa orang-orang sangat memerlukan untuk minum air yang mengandung kalsium dan magnesium di dalamnya dan mereka merekomendasikannya dalam level yang spesifik dari dua elemen ini.

Apa yang saya simpulkan dari semua ini adalah satu dari fungsi utama dari minum air alkali yang diionisasi adalah ia akan menyediakan tubuh anda kalsium dan magnesium. Asalkan anda menyedikan "bahan bakar" yang tepat bagi tubuh anda, maka tubuh anda akan mengatasi hal-hal sisanya dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Berikan saja tubuh anda apa yang dimintanya. Air alkali hanyalah salah satu cara dalam menyediakan apa yang dibutuhkan oleh tubuh anda ini. (penulis: Jason - Los Angeles, USA)